Mengenal Tugas Dan Tanggung Jawab Dari Jasa Pembuatan Website

Minggu, Desember 20, 2020 | Berkomentar
Mengenal Tugas Dan Tanggung Jawab Dari Jasa Pembuatan Website

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, tidak bisa dipungkiri bahwa efeknya mencakup ke berbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam bidang bisnis dan kerja. Pelaku bisnis mulai gencar membuka situs dan menggunakan bantuan jasa pembuatan website. Namun, apa sebenarnya tugas dari jasa tersebut? Berikut ulasan untuk Anda. 

Tanggung Jawab Yang Diemban Oleh Web Developer 

1. Merencanakan Pembuatan Situs

Tugas seorang web developer tidaklah mudah. Apalagi yang melakukan kontrak pembuatan dari angka nol. Berkaitan dengan hal tersebut, maka tanggung jawab adalah membuat rencana pengembangan situs. Rencana ini mencakup seluruh informasi, instruksi, desain, hingga pertimbangan performa dari situs yang akan dirilis. 

Dengan memiliki rencana yang matang, maka segala beban dari performa, kesulitan kerja, maintenance, dan lain sebagainya akan lebih mudah diprediksi. Pada umumnya jasa pembuatan sebuah situs akan bekerja dalam tim. Yang mana terdiri dari orang dengan tugas dan keahlian masing masing, sehingga bisa berikan hasil lebih maksimal. 

2. Membuat Situs Sesuai Permintaan Dan Tugas 

Setelah perancangan dan struktur dari situs tercanangkan dengan baik, baru jasa tersebut akan melakukan tugas utamanya. Tugas tersebut adalah membuat atau membangun situs dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bisa dikatakan bahwa tugas tersebut hanya bisa diemban oleh jasa pembuatan website yang memang berpengalaman. 

Apalagi mengingat bahwa bahasa pemrograman tersebut tidaklah mudah. Demi membantu dan meringankan pekerjaan, maka setiap anggota tim akan bekerja sesuai peran. Seperti bertugas mengurus database, backend, frontend, dan lain sebagainya. Dengan begitu setiap bagian tampilan HTML, PHP, hingga database akan ditangani dengan optimal.  

3. Melakukan Tes Dan Launching 

Setelah rancangan situs direalisasikan, pihak pemberi jasa akan melakukan peluncuran pertama yang ditujukan demi melakukan pengetesan. Pada umumnya, tim quality assurance akan melakukan tes fungsi dari web tersebut. Mulai dari halaman, tampilan, hingga mencari masalah yang mungkin saja terjadi. Sehingga bisa segera diperbaiki.  

4. Memberikan Layanan Api 

Pada umumnya, jasa web developer juga akan bergelut dengan API atau antarmuka pemrograman aplikasi. API ini berkaitan dengan protokol komunikasi dari satu bagian ke bagian lain demi pemeliharaan dan penyederhanaan perangkat lunak. Bisa dikatakan gunanya lebih berfokus sebagai perpustakaan situs untuk perkembangan di masa ke depan. 

5. Menjaga Dan Bertanggung Jawab Akan Dokumentasi Situs 

Jasa pembuatan website juga akan melakukan penjagaan data dan dokumentasi dari situs tersebut. Pengerjaan ini adalah tahapan vital yang harus dilakukan secara kontinu dan wajib. Gunanya adalah untuk melacak semua hal yang berkaitan dengan situs. Baik itu data hingga update algoritma. Begitu juga dengan upaya untuk peningkatan kualitas.  

Bisa dikatakan skill seorang pembuat situs akan sangat dicari di era global ini. Dimana perkembangan situs kian melejit dan bisnis online pun meluber, tidak heran banyak sekali para developer yang bermunculan. Tugasnya cukup jelas, yakni melakukan perencanaan, pembuatan, testing, hingga mengelola situs. Demi hasil yang lebih baik, hubungi tim Webarq. 

Baca juga layanan lengkap web designer dari WEBARQ disini : https://www.webarq.com/id/jasa-pembuatan-website-jakarta

Reaksi:
Kategori: , ,