Inilah 5 Kesalahan Umum Saat Memilih Asuransi

Selasa, Juni 23, 2020 | Berkomentar
Inilah 5 Kesalahan Umum Saat Memilih Asuransi

Siapa saja tentu menginginkan masa depan yang aman dan juga nyaman. Di masa tua, Anda hanya ingin menikmati hidup bersama pasangan tanpa harus mengurusi berbagai masalah. Oleh karena itu, proteksi masa depan sangat diperlukan. Caranya adalah dengan mengikuti program asuransi, baik itu berupa kesehatan, jiwa, pendidikan, dan lain-lain. Anda bisa  menggunakan layanan perusahaan asuransi di Jakarta dan sekitarnya.

Tawaran yang diberikan perusahaan asuransi tentu saja bervariasi. Setiap perusahaan atau lembaga asuransi berlomba-lomba untuk memberikan penawaran terbaik, sehingga nasabah menjadi lebih tertarik untuk menggunakan produk mereka. Namun, Anda jangan dulu tergiur dengan penawaran yang diberikan karena ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan.

Salah Memilih Asuransi

Biasanya, orang yang terburu-buru menggunakan layanan asuransi akan mengalami masalah yang cukup serius. Pasalnya, banyak yang tidak memahami syarat dan ketentuannya, sehingga terjadi kemacetan pada proses pembayaran iuran, pencairan biaya tanggungan, dan lain-lain. Oleh karena itu, jangan sampai Anda ikut-ikutan orang lain menggunakan layanan asuransi.

Umumnya, ada lima kesalahan yang sering dilakukan saat memilih asuransi. Berikut ulasannya.

1. Tergiur dengan Tawaran Sales

Sales pada sebuah asuransi bertugas untuk mencari nasabah sebanyak-banyaknya agar menggunakan produk mereka. Biasanya, sales menawarkan produknya dengan cara yang sangat persuasif. Alhasil, tidak sedikit yang tergiur dengan produk-produk asuransi yang ia tawarkan.

Jika Anda hanya sekedar tertarik dengan nominal dan hasil yang akan didapatkan, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu. Pastikan Anda mengetahui bagaimana asuransi bekerja, sehingga Anda tidak akan asal memilih saja.

2. Tidak Mengetahui Manfaat Asuransi yang Dipilih

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah tidak mengetahui manfaat dari asuransi yang dipilih. Biasanya, Anda  hanya melihat sekilas dari hasil yang didapatkan dan hanya mendengarkan penjelasan sales saja tanpa bertanya lebih lanjut. Sebaiknya, ketahui manfaat dan kekurangan dari produk asuransi tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa dirugikan saat menggunakan produk asuransi.

3. Tidak Berkonsultasi Terlebih Dahulu

Saat memutuskan untuk menggunakan layanan asuransi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak perusahaan asuransi di Jakarta atau dengan teman terdekat. Tanyakan apa saja jenis asuransi yang cocok untuk Anda dan keluarga, sehingga produk yang digunakan akan sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan teman terdekat yang berpengalaman menggunakan asuransi. Teman Anda akan memberikan semacam nasihat atau arahan terkait asuransi yang akan Anda gunakan.

4. Tidak Memperhitungkan Biaya Premi

Biaya premi sangat penting untuk dipertimbangkan. Namun, banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan biaya bulanan asuransi. Akibatnya, terjadi tunggakan karena tidak sanggup membayar setiap bulan. Oleh karena itu, pertimbangkan kembali jenis premi yang akan digunakan. Sebaiknya, sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda agar keuangan tetap stabil.

5. Tidak Diketahui oleh Keluarga

Saat memutuskan untuk menggunakan asuransi, Anda wajib memberi tahu keluarga Anda. Ini berkaitan dengan proses klaim asuransi, yang mana ada hak yang harus diberikan kepada mereka. Jika anggota keluarga tidak ada yang tahu dengan produk asuransi ini, bisa-bisa Anda mengalami kerugian yang cukup besar. Oleh karena itu, beritahulah istri, anak, saudara, maupun orang tua.

Itulah lima kesalahan umum yang sering terjadi saat menggunakan asuransi. Jika Anda sudah memahami prosedur dan seluk beluk asuransi, segera daftarkan diri Anda dan keluarga di perusahaan asuransi di Jakarta melalui https://www.generali.co.id/. Dapatkan layanan terbaik untuk proteksi masa depan Anda dengan produk asuransi dari Generali!

Reaksi: