Tips Meminimalisir Biaya Renovasi Rumah

Selasa, Februari 04, 2020 | Berkomentar
Tips Meminimalisir Biaya Renovasi Rumah

Renovasi rumah itu memerlukan persiapan yang sangat matang. Baik itu dari segi finansial, desain rumah, dan juga tim yang merenovasi. Setiap rumah tentu memerlukan treatment yang berbeda-beda, karena tergantung dengan kondisi rumah sebelumnya.

Bagi kamu yang ingin renovasi rumah milik sendiri tentu akan memiliki permasalahan yang berbeda dengan orang yang renovasi rumah lama yang baru dibeli. Berikut beberapa cara meminimalisir biaya renovasi rumah.

Jangan terlalu banyak mengubah

Keinginan dalam merenovasi rumah perlu dibatasi karena akan berpengaruh pada biaya. Semakin banyak perubahan tentu biaya akan turut meningkat, seperti biaya material dan tukang. Membuat daftar perbaikan seperti di atas adalah pegangan yang harus kamu pantau terus. Urutkan dari yang penting hingga bisa ditunda dan fokus utama pada bagian-bagian yang benar-benar rusak saja.

Solusi rumah rayap

Kendala di rumah lama biasanya adalah rayap yang membuat kamu harus "mengobati" kusen kayu pada jendela dan pintu. Solusi yang terbaik adalah menggantinya menjadi jendela dan pintu aluminium. 

Memang biayanya akan besar di depan, namun membuat maintenance yang lebih murah di masa mendatang. Rayap juga bisa ditemukan di rangka atap, kamu bisa menggantikannya menjadi baja ringan.

Manfaatkan furnitur lama

Jangan terburu-buru membuang furnitur lama, kamu bisa menyulapnya menjadi seperti baru dengan beberapa tips yang mudah. Salah satunya dengan mengubah warna atau poles permukaan furnitur kayu dengan minyak atau cairan khusus agar memperpanjang umur serat kayu. 

Furnitur lama bisa juga kamu ubah fungsi, misalnya mengubah bathtub lama menjadi sofa atau meja kerja tua yang diurai menjadi beberapa kabinet.

Mengganti material pada bagian-bagian yang rusak

Membongkar rumah lama secara keseluruhan akan membuat biaya renovasi tidak jauh berbeda dengan biaya ketika membangun rumah baru dan bahkan bisa lebih mahal. Untuk menghindari hal seperti ini maka sebaiknya pilih bagian-bagian yang benar-benar rusak saja untuk diganti. Contoh beberapa bagian rumah yang mudah rusak karena termakan usia antara lain seperti daun pintu, kusen jendela, dan juga papan.
Reaksi:
Kategori: , ,