Sunday, 20 December 2015

Apa Perbedaan NTFS, FAT32, exFAT

Apa yang kamu tahu tentang NTFS, FAT32, exFAT? Secara garis besar, mereka ini tergolong file system yang digunakan oleh Windows. Umumnya kamu akan melihat file system ini ketika akan melakukan format flashdisk, memori external, atau hardisk. Sayangnya Windows tidak menjelaskan tentang apa kegunaan dan maksud dari file system tersebut.

Apa Perbedaan NTFS, FAT32, exFAT


NTFS (New Technology File System)

NTFS Merupakan sebuah sistem berkas yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT, yang terdiri dari Windows NT 3.x (NT 3.1, NT 3.50, NT 3.51), Windows NT 4.x (NT 4.0 dengan semua service pack miliknya), Windows NT 5.x (Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003), serta Windows NT 6.x (Windows Vista, Windows 7).

Menyampingkan keterbasan, NTFS datang dengan fitur modern. Mendukung file permission untuk keamanan, mengganti journal untuk mempercepat recovery error, shadow copy untuk backup, enkripsi, disk quota limit, hard link dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Sayangnya, NTFS tidak kompatibel dengan sistem operasi lainnya. Ia akan bekerja dengan semua versi Windows, kecuali sistem operasi lain. Secara default, Mac OS X hanya memiliki kemampuan read NTFS, tidak untuk write. Beberapa distro Linux mungkin bisa write NTFS, tapi kebanyakan memiliki kemampuan read. Tak satu pun dari konsol game Sony PlayStation mendukung NTFS. Bahkan miliki Microsoft sendiri, Xbox 360 tidak bisa membaca NTFS, selain Xbox One. Device lain kebanyakan tidak mendukung NTFS.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, tapi read-only untuk sistem MAc dan distro Linux. Semua device kecuali Xbox One mungkin tidak mendukung NTFS.

Kegunaan: Digunakan untuk drive sistem Windows dan internal drive lainnya yang digunakan dengan Windows.

FAT32

FAT adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi. Untuk penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja. Kata FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas. Arsitektur FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital atau pemutar media portabel.

FAT pertama kali dikembangkan oleh Bill Gates dan Marc McDonald, pada tahun 1976-1977. Sistem berkas ini merupakan sistem berkas utama untuk sistem operasi yang ada saat itu, termasuk di antaranya adalah Digital Research Disk Operating System (DR-DOS), OpenDOS, FreeDOS, MS-DOS, IBM OS/2 (versi 1.1, sebelum berpindah ke sistem HPFS), dan Microsoft Windows (hingga Windows Me). Untuk disket, FAT telah distandardisasikan sebagai ECMA-107 dan ISO/IEC 9293. Standar-standar tersebut hanya mencakup FAT12 dan FAT16 tanpa dukungan nama berkas panjang, karena memang beberapa bagian dalam standar nama file panjang di dalam sistem berkas FAT telah dipatenkan.

Sistem operasi Windows yang mendukung sistem berkas FAT32 ini sebagai berikut.
Apa Perbedaan NTFS, FAT32, exFAT


exFAT (Extended File Allocation Table)

exFAT adalah sebuah sistem berkas proprietary yang cocok untuk digunakan oleh media-media penyimpanan berbasis memori flash. Sistem berkas ini pertama kali dibuat oleh Microsoft untuk perangkat-perangkat benam di dalam Windows Embedded CE 6.0 dan Windows Vista Service Pack 1. Diperkenalkan pada bulan November 2006, sistem berkas ini dapat digunakan sebagai alternatif dari sistem berkas NTFS, karena memang NTFS memiliki struktur data yang relatif lebih besar ketimbang exFAT.

Kegunaan: Bisa digunakan untuk flashdisk dan drive external, khususnya jika kamu membutuhkan file di atas 4GB. Dengan perkiraan setiap device yang kamu gunakan mendukung exFAT.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua Windows dan versi modern Mac OS X, tapi membutuhkan software tambahan pada Linux. Kebanyakan device mendukung exFAT daripada NTFS, tapi untuk drive lama mungkin lebih mendukung FAT32.

Kesimpulannya dari artikel di atas, munculnya file system NTFS dikarenakan keterbasan dari file system FAT32. Sementara itu di dunia modern ini, ukuran file bertambah besar. Jadi NTFS sangat ideal digunakan untuk drive internal, sementara FAT32 dan exFAT digunakan untuk drive external.


EmoticonEmoticon